Langkah-langkah belajar fotografi dari nol!

Minggu, 13 Maret 2011

Belajar fotografi adalah suatu hal yg kompleks, maka dari itu banyak orang mungkin kebingungan bagaimana cara belajarnya, harus mulai darimana? Nah ane membuat thread ini dengan tujuan memberikan pencerahan bagi agan2 yg ingin memulai belajar fotografi.

Langkah pertama :
Agan2 memerlukan kamera. Berdasarkan ukuran sensor, kamera terbagi menjadi 2, kamera saku dan kamera DSLR, lalu apa bedanya? Misal agan cuma mampu beli kamera saku karena mungkin agan masih kuliah atau masih sekolah, jgn berpikir bahwa agan tidak bisa belajar fotografi. Agan tetap bisa belajar fotografi, meskipun kamera saku jauh lebih murah daripada kamera sekelas DSLR. Kamera saku memiliki kelebihan tersendiri dan jgn agan2 jadikan halangan untuk belajar fotografi.

Langkah kedua:
Agan2 perlu belajar tentang eksposure cahaya. Inti dari fotografi adalah eksposure, atau total cahaya yg masuk ke dalam sensor peka cahaya, karena cahaya tersebut, foto itu dapat terbentuk. Peran agan2 sebagai fotografer adalah mengendalikan jumlah cahaya yg masuk dengan mengubah besarnya bukaan lensa, kecepatan rana dan ISO. 3 element ini ane sebut sebagai segitiga emas fotografi/segitiga inti fotografi.

Langkah ketiga:
Agan2 tentu harus mempelajari kamera yg agan punya, terutama mode-modenya, pengukuran cahaya(metering), dan auto focus.

Langkah keempat:
Agan2 perlu tahu apa itu kedalaman focus(depth of field) dan apa saja factor-factornya.

Langkah kelima:
Agan2 harus tahu bagaimana cara mengambil gambar yg tajam dan tidak kabur. Perhatikan tentang yg satu ini gan, ada sedikit tips dari ane agar foto2 yg agan ambil tidak kabur. Cobalah agan menahan nafas agan ketika agan hendak mengambil foto, kenapa menahan nafas? Agar kamera agan dalam posisi steady dan tidak bergoyang.

Langkah keenam:
Agan2 harus mempelajari komposisi foto yg baik dan menarik. Semisal agan2 sedang ada dalam suatu fashion show, agan2 bisa mulai belajar dari situ, ambil pose model yg menurut agan menarik untuk diabadikan.

Langkah ketujuh:
Agan2 harus mempelajari juga karakter cahaya(arah cahaya,intensitas cahaya). Hal ini merupakan inti dari fotografi, hmm lagi2 soal cahaya ya gan? Karakter cahaya adalah titik penting dalam dunia fotografi, bayangkan saja apabila fotografer tidak memperdulikan karakter cahaya dalam hasil foto mereka, hasilnya pasti akan sangat buruk.

Langkah kedelapan:
Agan2 harus belajar antisipasi dan mengambil foto pada waktu yg tepat. Semisal agan2 sedang dijalan dan mengalami kejadian menarik agan2 bisa mengabadikan lewat kamera.

Langkah kesembilan:
Agan2 bisa belajar bercerita lewat foto2 yg agan ambil, entah itu foto seri atau foto tunggal, berceritalah dan share pengalaman ke teman fotografer agan yg lebih dulu memulai fotografi, disanalah agan dapat pengajaran istimewa dan trik2 lain yg agan tidak dapatkan di sekolah fotografi.

Langkah kesepuluh:
Agan2 harus belajar bagaimana cara mengolah foto dengan efek digital, olah foto di era digital mudah dipelajari dan membuka bab baru dalam fotografi digital, contoh seperti belajar photoshop, tidak perlu menjadi expert dalam photoshop gan. Asal hasil foto2 agan benar2 menarik dan tidak perlu terlalu banyak diberi efek digital.

Demikian kira-kira langkah belajar fotografi untuk pemula. Seperti yang agan lihat, masih banyak tulisan yang bisa dibahas dari tiap langkah tersebut. Fotografi merupakan ilmu yang berkembang begitu pesat dan tidak ada habisnya, namun bila menemui kesulitan, harap agan jangan menyerah dan pelajari dan terus praktekkan.


menggunakan kamera SLR :

menggunakan kamera saku :



sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7433980

0 komentar:

Posting Komentar

Nitha's Adorable Daily. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University